ASSESMENT
Assesment adalah suatu proses dari kegiatan pengajaran yang terintegrasi secara sistematis yang mencakup aktivitas merancang, mengamati, melakukan, dan mengumpulkan data dari individu maupun kelompok, yang dilakukan dengan tujuan untuk mengamati perkembangan dari kegiatan pembelajaran.
Tujuan assessment itu sendiri adalah :
a) Untuk membuat keputusan suara tentang pengajaran dan pembelajaran.
b) Untuk mengidentifikasi signifikan yang mungkin memerlukan intervensi terfokus untuk individu. Anak-anak.
c) Untuk menyediakan program informasi gunakan untuk memperbaiki intervensi pendidikan dan perkembangan mereka.
d) Untuk menentukan sifat dari masalah perilaku pembelajaran.
e) Untuk menentukan kekuatan anak-anaknya dan kelemahan dalam kemampuan yang berkaitan dengan pembelajaran.
f) Untuk mengevaluasi masalah perilaku .
g) Mengembangkan rencana pendidikan yang memperhitungkan kemampuan anak dan kepribadian, guru, dan keluarga.
h) Untuk menilai respon anak untuk upaya intervensi.
i) Untuk merekomendasikan modifikasi dalam program dan penempatan kelas.
Classroom Assessment atau penilaian kelas menurut Pusat Penilaian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional asesmen kelas diartikan sebagai proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan, atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kemampuan (kompetisi) telah benar-benar dikuasi dan dicapai. Penilaian kelas yang baik adalah penialaian yang selalu berhubungan dengan aktivitas pembelajaran. Artinya segala aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh anak tidak satupun luput dari perhatian dan penilaian dari guru.
Alternative assessment sebuah penilaian yang memiliki prosedur dan teknik dalam implementasinya yang dilakukan dengan bertujuan untuk mengembangkan perkembangan dan prestasi seorang anak. Tujuan alternative assessment adalah untuk mengevaluasi pembelajaran dan mengevaluasi instruksi.
Tipe-tipe alternative assessment seperti wawancara, contracts, petunjuk tugas, games, sampel kerja, proyek. Cara merekam penilaiannya dapat berupa catatan anekdot, running record, specciment record, time sampling, event sampling, checklist atau rating scale.
0 komentar:
Posting Komentar