CLASSROOM MANAGEMENT
Clasroom Management Classroom management adalah kegiatan untuk mengatur, menciptakan dan mengimplementasikan strategi di dalam kelas agar terciptanya lingkungan belajar yang efektif dan kondusif.
Classroom Management bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang efektif dan efisien dengan berbagai kegiatan, rancangan, dan fasilitas yang dibuat untuk kebutuhan setiap perkembangan anak. Guru mempunyai penting dalam mengelola kelas, karena guru harus menciptakan kondisi belajar yang optimal dan menetralisir keadaan yang terjadi. Guru merupakan motivator yang memberikan arahan yang efektif pada anak, guru juga harus dapat menciptakan iklim belajar dan dapat membantu anak dalam menciptakan komunitas belajar. Pengelolaan kelas merujuk pada prosedur, strategi dan teknik instruksional yang guru gunakan untuk mengelola kegiatan, mengontrol perilaku anak didik dan perencanaan program pembelajaran
Adapun prinsip-prinsip classroom management yaitu hangat & antusias, tantangan, variasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif, dan penanaman disiplin diri. Sedangkan strategi manajemen kelas yaiatu 1) strategi pengaturan ruangan kelas, 2) keterampilan mengajar sosial dan emosional, 3) mengajar proaktif, 4) menetapkan aturan yang jelas, 5) membuat peraturan waktu dengan istilah lampu lalu lintas.
Ada 3 gaya dalam mengelola kelas yaitu 1) gaya otoriter (disiplin yang kuat dan mengharapkan ketaatan, 2) gaya demokratis (kemerdekaan belajar), 3) gaya permisif (acuh tak acuh, tidak ada perencanaan). Komponen utama yang menjadikan pendidikan itu berkualitas itu adalah : 1) iklim/keadaan kelas, 2) organisasi kelas, 3) pembelajaran kelas.
Maka dapat disimpulakan bahwa management kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas, karena situasi dan kondisi kelas yang efektid memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin. Karena faktor-faktor yang mempengaruhi management kelas itu adalah iklim kelas, organisasi kelas dan pembelajaran kelas.
0 komentar:
Posting Komentar