14 Januari 2016

Peranan TIK di Perguruan Tinggi

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat bantu yang dipergunakan manusia untuk mentransfer data baik itu untuk memperoleh suatu informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain. Teknologi informasi dan komunikasi juga dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah maupun dua arah. . TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. ICT dapat membantu kita dalam memperdalam pengetahuan, membangun pengetahuan dan dapat membantu pengembangan keterampilan berpikir komplek.



Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Secara tanpa kita sadari, sebagian aktifitas yang dilakukan oleh manusia telah didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung telah mengubah cara kita hidup, cara kita belajar, cara kita bekerja dan cara kita bermain. Beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain dalam bidang bisnis, pendidikan, dan kesehatan dan pemerintahan. ICT merupakan ilmu yang sangat berguna dalam memberikan layanan yang efektif dan efisien. Adapun 3 hal yang harus diperhatikan yaitu : 1) information (informasi) : hasil dari data yang diolah dan menerangkan sesuatu serta berguna bagi yang mengetahuinya, 2) communications (komunikasi) : pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 pihak atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, 3) technology (teknologi) : kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis.

Fungsi dari ICT dalam pendidikan yaitu :
a. ICT sebagai objek. Hal ini mengacu pada belajar tentang ICT. Sebagian besar diselenggarakan di program studi tertentu.
b. ICT sebagai 'alat membantu'. ICT digunakan sebagai alat, misalnya saat membuat tugas, mengumpulkan data dan dokumentasi, berkomunikasi, dan melakukan penelitian.
c. TIK sebagai media pengajaran dan belajar. Hal ini mengacu pada TIK sebagai alat untuk mengajar dan belajar sendiri, media yang melalui guru dapat mengajar dan peserta didik dapat belajar.
d. TIK sebagai alat bagi organisasi dan manajemen di sekolah.

Manfaat TIK dalam proses pendidikan yaitu :
a. Tawarkan kesempatan untuk lebih pengajaran studentcentred.
b. Memberikan kesempatan yang lebih besar untuk guru-guru dan murid-murid untuk berkomunikasi dan berkolaborasi.
c. Memberikan kesempatan untuk beberapa teknologi baru yang disampaikan oleh guru.
d. Dapat meningkatkan semangat belajar antara siswa.
e. Memberikan guru dengan sumber-sumber baru informasi dan pengetahuan,
f. Menyiapkan peserta didik untuk dunia nyata,
g. peserta didik Memberikan jarak negara-lebar dengan materi pendidikan secara online
h. Memberikan peserta didik dengan tambahan sumber daya untuk membantu sumber daya berbasis belajar.

Peranan TIK dalam bidang industry pendidikan yaitu :
1. TIK sebagai skill dan kompetensi
2. TIK sebagai infratruktur pembelajaran
3. TIK sebagai sumber bahan belajar
4. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
6. TIK sebagai sistem pendukung keputusan
5. TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar